Aplikasi Nilai Rapor SD Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5

 


Salam sukses sahabat blogger semua, kali ini kita bertemu lagi. Perbincangan kita kali ini adalah tentang kurikulum 2013 yang katanya terlalu rumit. Berbicara tentang kerumitan kurikulum 2013, klikdodowi akan sharing mengenai sistem penilaian dalam kurikulum 2013.

Kurikulum,  proses pembelajaran, dan penilaian proses dan hasil belajar  merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran disamping komponen-komponen yang lain. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Proses pembelajaran merupakan upaya untuk mencapai Kompetensi Dasar yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, kegiatan penilaian dilakukan untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian Kompetensi Dasar. Penilaian juga digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Oleh sebab itu kurikulum yang baik dan proses pembelajaran yang benar perlu di dukung oleh sistem penilaian yang baik, terencana dan berkesinambungan.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Dengan diberlakukannya kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran berbasis aktivitas, maka penilainnya lebih menekankan pada penilaian proses baik pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Model penilaian tersebut dapat dilihat pada format raport SD yang sudah diterbitkan oleh Kementerian pendidikan dan Kebudayaan. 
Dengan diterbitkannya model penilaian tersebut, klikdodowi ingin berbagi sebuah aplikasi untuk mempermudah guru untuk penyusunan raport yang sesuai dengan Kurikulum 2013, dimana model raport ini tidak lagi seperti raport saat kurikulum KTSP. Model raport kali ini lebih mencerminkan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan Kompetensi Inti (KI-1 s/d KI-4) yang diharapkan dalam kurikulum 2013.
Sebelum berbagi, klikdodowi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukunng berlangsungnya kurikulum 2013 ini, tertutama kepada Bapak Sri Warsono Widodo, M.Pd dan Bapak Mampuono, S.Pd, M.Kom dari LPMP Jawa Tengah.

Silakan yang mau download klik link di bawah ini :
Untuk penggunaan aplikasi nilai ini, jangan lupa lihat manual penggunaan aplikasi yang telah tersedia dalam aplikasi. Jika masih bingung silakan coment di bawah posting.

Salam sukses.... dan SEmangat Pendidikan Indonesia . . . . !!!!

NB : 
password sheet  : AAABBBBBAAA^

2 komentar untuk "Aplikasi Nilai Rapor SD Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5"

  1. TERIMA KASIH SEMOGA SUKSES SELALU DAN SELANJUTNYA UNTUK SEMESTER 2 LAGI

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas aplikasinya semoga kita dapat bekerjasama dalam memajukkan pendidikan di Indonesia semoga sukses selalu

    BalasHapus