Besaran Vektor dan Skalar


Pengertian Besaran Skalar dan Vektor
Besaran scalar adalah besaran yang hanya memiliki nilai saja. Beberapa besaran scalar diantaranya semua besaran pokok, jarak, laju, usaha atau energy, daya, massa jenis, luas, volum, tekanan, muatan listrik, potensial listrik, kapasitas dan kuat arus listrik.
Besaran vector adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Beberapa contoh dari besaran vector antara lain perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, impuls, momentum, momen gaya, kuat medan listrik, dan kuat medan magnet (induksi magnet). Besara (nilai) dari suatu besaran vector selalu positif.

Menyatakan suatu vector
Penulisan lambing dan besar suatu vector dengan tulis tangan berbeda dengan buku cetakan. Untuk tulis tangan, lambang suatu vector biasanya dituliskan dengan satu huruf besar dan di atas huruf ini diberi tanda anak panah, misalnya  atau  . Sementara besaran suatu vector biasanya ditulis dengan menggunakan tanda harga mutlak , misalnya     atau . Untuk buku cetakan, lambing vector umumnya dicetak dengan huruf besar yang dicetak tebal, misalnya A atau B. Sementara besar vector umumnya dicetak dengan huruf miring misalnya A atau B.

Sifat-sifat vector
Vector memiliki sifat-sifat seperti berikut :
1.       Dapat dipindahkan asalkan besar dan arahnya tidak berubah.
2.      Dapat dijumlahkan
3.      Dapat dikurangkan
4.      Dapat diuraikan
5.      Dapat dikalikan

Untuk lebih lengkapnya silakan download di :
http://tinypaste.com/726ab5a3

Posting Komentar untuk "Besaran Vektor dan Skalar"